Kunci Jawaban PPG 2025 Modul 3: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen 2.0

Fokus Utama Modul 3 PPG 2025: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen 2.0 Modul 3 dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 Tahap 2 menawa...

Featured Image

Fokus Utama Modul 3 PPG 2025: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen 2.0

Modul 3 dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2025 Tahap 2 menawarkan pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dan relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini. Dua komponen utama yang menjadi fokus utama dalam modul ini adalah Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dan Asesmen 2.0. Kedua pendekatan ini dirancang untuk memperkuat kemampuan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif, inklusif, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa secara menyeluruh.

Pembelajaran Mendalam mengajak guru untuk melampaui pemahaman konseptual semata dan mendorong siswa untuk berpikir kritis, reflektif, serta kreatif. Pendekatan ini menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya tentang penguasaan materi, tetapi juga bagaimana siswa mampu menghubungkan pengetahuan tersebut dengan situasi nyata di sekitar mereka. Sementara itu, Asesmen 2.0 menggantikan metode evaluasi tradisional dengan pendekatan yang lebih holistik, yang tidak hanya menilai hasil belajar, tetapi juga proses dan perkembangan kompetensi siswa secara berkelanjutan.

Kedua konsep ini menjadi fondasi penting dalam transformasi pendidikan abad ke-21, karena mempersiapkan guru untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks dan dinamis. Dengan memahami prinsip-prinsip ini, guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih responsif dan adaptif terhadap kebutuhan siswa.

Contoh Jawaban dan Penjelasan Aksi Nyata

Dalam Modul 3, peserta PPG diminta untuk merancang aksi nyata yang sesuai dengan prinsip pembelajaran mendalam dan asesmen modern. Berikut beberapa contoh jawaban dan penjelasan yang dapat menjadi referensi:

1. Alasan Memilih Tugas Aksi Nyata

Pertanyaan: Mengapa Bapak/Ibu memilih tugas tersebut sebagai aksi nyata terbaik?

Jawaban: Saya memilih merancang pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) sebagai aksi nyata, karena ingin memastikan bahwa setiap siswa merasa dihargai, dilibatkan, dan memiliki pengalaman belajar yang relevan dengan latar belakang budaya mereka. Di kelas yang heterogen, CRT menjadi strategi penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan aman. Melalui pendekatan ini, saya tidak hanya meningkatkan kompetensi pedagogik, tetapi juga membantu siswa merasa diterima dan aktif dalam proses pembelajaran. Aksi nyata ini memberikan dampak langsung dan berkelanjutan terhadap budaya belajar di kelas.

2. Memberikan Umpan Balik kepada Rekan Sejawat

Pertanyaan: Apa umpan balik tertulis Anda terhadap tugas aksi nyata yang dipilih oleh rekan sejawat?

Jawaban: Saya sangat mengapresiasi pendekatan pembelajaran berbasis CRT yang dirancang oleh rekan sejawat. Strategi ini cocok diterapkan di kelas dengan latar belakang siswa yang beragam. Materi yang dikaitkan dengan konteks budaya siswa membuat pembelajaran lebih relevan dan bermakna. Selain itu, kegiatan yang disusun mendorong empati, kolaborasi, dan kesadaran sosial—langkah penting menuju pendidikan yang inklusif dan memberdayakan.

3. Kesesuaian Aksi Nyata dengan Prinsip Pembelajaran Mendalam

Pertanyaan: Apakah aksi nyata yang Anda pilih memenuhi prinsip Pembelajaran Mendalam yang Berkesadaran, Bermakna, dan Menggembirakan? Jelaskan!

Jawaban: Aksi nyata yang saya pilih sangat sesuai dengan prinsip Pembelajaran Mendalam.

  • Berkesadaran: Saya menyadari keberagaman siswa dan secara aktif mengakomodasi kebutuhan mereka melalui strategi yang inklusif.
  • Bermakna: Materi dan aktivitas yang diberikan dikaitkan dengan pengalaman nyata siswa, sehingga mereka mampu memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menggembirakan: Pendekatan ini menciptakan iklim belajar yang menyenangkan, penuh penerimaan, dan memungkinkan setiap siswa berkembang dengan rasa percaya diri.

Dengan demikian, aksi nyata yang dipilih tidak hanya memenuhi prinsip pembelajaran mendalam, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik.

COMMENTS

Name

actors and actresses,1,Afrika,1,agama,6,aktor dan aktris,1,anak -anak dan keluarga,4,anak-anak,4,angkatan bersenjata,2,angkutan,2,anime,1,antisemitism,1,api,1,Aquarius,2,Arab Saudi,1,Aries,4,artificial intelligence,6,Asia,3,Astrolog,32,astronauts,1,astronomy,1,astrophysics,1,atlet,1,aturan dan peraturan,2,automation,1,baby names,1,bahan bakar kendaraan,1,bayi,1,bencana,13,bencana alam,4,Bencana lingkungan,1,bensin,1,bepergian,1,berita,153,Berita berinvestasi,1,Berita Keuangan,2,Berita lokal,42,berjudi,1,bisnis,37,Bitcoin,3,Breaking News,2,broadcasting,1,buah,1,Budaya,15,Budaya Makanan,1,Budaya Populer,1,buildings,1,Buku,1,business,1,cats,1,celebrities,1,celebrity gossip,1,children and families,1,Cinta,2,cinta dan perselingkuhan,2,civil rights,1,commerce,2,community,1,computer security,1,computers,1,controversies,2,CRIPTOCURRENCY,7,crunchyroll,1,cryptocurrency,1,cuaca buruk,1,culture,2,curah hujan,1,cyberattacks,1,cybercrime,1,cybersecurity,2,daya listrik,1,debat politik,1,deep learning,1,diabetes,1,Diet dan Nutrisi,1,diplomacy and diplomats,1,disasters,1,divorce,1,drama,2,dunia,5,eating habits,1,education,3,education reform,1,ekologi,1,ekonomi,4,ekspor,1,elon musk,1,employees,1,engineering,1,entertainment,1,felines,1,Film,1,film romantis,1,finance news,1,financial services,1,flying,1,food and drink,2,food service industry,1,football players,1,future of cryptocurrencies,1,Game,1,gaya hidup,10,Gemini,4,Gosip selebriti,5,hiburan,5,hidup,1,higher education,1,Horoskop,51,hubungan,24,hubungan beracun,1,hubungan Internasional,1,Hubungan Keluarga dan Dinamika,5,hubungan romantis,21,ibu,2,iklim,1,Ilmu Politik,1,iman dan agama,1,immigrants,1,immigration,1,incident,1,Indonesia,16,industri minyak dan gas,1,Industri Teknologi,2,information security,1,infrastruktur,3,innovation,2,inovasi,3,insiden,21,internet security,1,Investasi,5,investor,1,jaminan sosial,1,jasa keuangan,1,jurnalistik,1,kanker,2,karakter dan kepribadian,1,karyawan,1,kasih sayang,1,kasus kriminal,2,keadaan darurat,4,keamanan,5,Keamanan Nasional,1,Keamanan Pangan,1,Keberlanjutan,2,Keberlanjutan energi,1,Kebijakan Luar Negeri,1,Kebijakan Publik,8,kecelakaan lalu lintas,1,kecemasan,1,kecerdasan buatan,1,Kedokteran dan perawatan kesehatan,1,kehamilan,1,kehidupan pernikahan,1,kejahatan,18,kekayaan,3,kencan dan hubungan,11,kerohanian,8,kerusakan air,1,Kesehatan,17,Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat,2,kesehatan dan olahraga,1,kesehatan masyarakat,2,kesehatan mental,1,kesejahteraan,2,klub sepak bola,2,Kondisi dan penyakit medis,1,konstruksi,2,konsumsi bahan bakar,1,kontroversi,10,Korea,1,Laporan Polisi,7,Layanan Darurat,1,Layanan Pengiriman,2,local and municipal government,1,love,1,machine learning,3,Makanan,1,makanan dan minuman,1,makanan sarapan,1,manajemen darurat,2,manfaat kesehatan,1,masakan,1,masalah sosial,6,masyarakat,10,Mecha,1,media berita,20,media sosial,1,memasak,1,memes,1,menginvestasikan berita bisnis,1,menikah,1,mental health,1,meteorologi,2,meteorology,1,military,1,militer,2,minyak,1,Misteri dan Investigasi,1,mobil,1,mobile technology,1,money,1,movies,2,musik,1,musisi,1,nama yang diberikan,1,nasa,2,nasa astronauts,1,Nasihat Kesehatan,1,NATO,1,news,4,news media,3,nutrisi,2,nutrition,1,obituari,2,olahraga,12,Oscar,1,pasangan,7,Pasar Keuangan,1,pekerja,1,pekerjaan dan karier,2,pelayanan publik,1,Pemain sepak bola,1,pemerintah,50,Pemerintah Federal,1,penanggulangan Bencana,2,pendidikan,4,Pendidikan Publik,1,pendidikan tinggi,1,pengajaran,1,pengasuhan anak,4,pengemudi,1,pensiun,1,penuaan,1,penyakit,2,penyakit dan penyakit pernapasan,1,penyakit virus,1,perang,1,peraturan,2,peraturan Pemerintah,11,perawatan kesehatan dan kedokteran,4,perbintangan,51,perceraian,4,perdagangan,7,perencanaan,1,pernikahan,10,persiapan makanan,1,pertanian,1,police and law enforcement,1,Polisi dan Penegakan Hukum,3,political debates,1,politics,2,politik,67,Politik dan Hukum,26,politik dan pemerintahan,30,popular culture,1,psikologi,4,Psikologi Kehidupan Sehari -hari,4,PTSD,1,racism,1,radioaktivitas,1,ramalan cuaca,2,refugees,1,regulation,1,relationships,1,religion,1,resep,1,robotika,1,rumor,2,safety,2,Sagittarius,3,sains,2,Saran Hubungan,1,schools,1,science,2,science education,1,scientific research,1,security,1,sejarah,2,sektor energi,4,sektor pertanian,1,Selebriti,6,seni,1,seni bela diri,1,sepak bola,6,sepeda motor,1,Sistem Pendidikan,2,skandal,12,social justice,1,software and applications,1,solar,1,space exploration,1,special education,1,special needs children,1,spirituality,1,stem education,1,suhu,1,TECHNOLOGY,13,technology companies,1,technology industry,3,technology trends,3,Teknologi,9,Telekomunikasi,3,televisi,1,television,1,tipe kepribadian,3,Tips Kesehatan,1,tournaments,1,tragedi,8,trauma,1,tren teknologi,2,turnamen,1,uang,6,undang undang Undang,3,wanita,6,workers,1,Youtube,1,
ltr
item
safelinkgue: Kunci Jawaban PPG 2025 Modul 3: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen 2.0
Kunci Jawaban PPG 2025 Modul 3: Pembelajaran Mendalam dan Asesmen 2.0
https://img-s-msn-com.akamaized.net/tenant/amp/entityid/AA1NUaFj.jpg
safelinkgue
https://safelinkbidown.blogspot.com/2025/10/kunci-jawaban-ppg-2025-modul-3.html
https://safelinkbidown.blogspot.com/
https://safelinkbidown.blogspot.com/
https://safelinkbidown.blogspot.com/2025/10/kunci-jawaban-ppg-2025-modul-3.html
true
3306220253671294991
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content