Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur dan Fungsi Komputer (Part 1)

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok berikut.
Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur komputer seperti dalam diagram di atas adalah sebagai berikut.

1. Input Device

Input device adalah ·alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu di samping sebaga1 alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu:
  1. Non intelligent terminal, terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampilan output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti mi juga disebut sebagai dumb terminal.
  2. Smart terminal,mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
  3. Intelligent terminal, terminal yang dapat diprogram oleh pemakai.
Alat input dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
  1. Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
    Contoh:
    • Papan ketik (keyboard).
    • Pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet).
    • Scanner (misalnya optical data reader atau optical character recognition reader, magnetic ink character recognition).
    • Sensor (misalnya digitizing camera).
    • Voice recognizer (misalnya microphone).
  2. Alat input tidak langsung, melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
    Contoh:
    • Keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong).
    • Key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses.
    • Key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk atau flashdisk) sebelum diproses lebih lanjut.

2. Output Device

Output device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Hasil keluaran tersebut dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin. Tulisan, gambar, dan suara dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhirbiasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
  1. Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras, seperti kertas atau film. Contoh: printer, plotter, dan alat microfilm.
  2. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada medialunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh: video display (misal: monitor), flat panel, dan speaker.
  3. Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat d1baca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Contoh: Floppy drive dan tape drive.

3. Input/Output Ports

Port I/O adalah tempat di mana sebuah connector I/O dipasang dan semua itu masih dalam control processor. Port I/O paling banyak berada pada komponen motherboard pada CPU. Port ini digunakan untuk menghubungkan setiap komponen-komponen perangkat hardware lainnya. Letak port-port ini biasanya berada pada bagian belakang CPU dan pada bagian dalam motherboard, sedangkan pada laptop berada di samping kanan dan kiri. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. I/O Port juga biasa disebut dengan bagian interface (antar muka) karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini. Port I/O yang berarti gerbang konektor lnput/Output pada komputer, seperti pada keyboard, mouse, ataupun USB.
Setiap jenis dari port-port tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan jenis dan fungsi beberapa port input/output yang sering kita temui, yaitu:
  1. Port Parallel
    Port parallel adalah port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim dengan sistem paralel, yaitu 8 bit dikirim langsung bersama-sama dari bit 0- bit 7. Port parallel memilik1 kemampuan transfer data dengan kecepatan standar parallel port, yaitu sekitar 200 kb/s. Port parallel sering digunakan pada hardware, sepert1 printer, scanner. dan proyektor.
  2. Port Serial (COM 1 dan COM 2)
    Kebalikan dari port parallel. Port serial merupakan port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim melalui sistem serial, yaitu 8 bit dikirimi bergantian dari bit 0 sampai bit 7. Kecepatan transfer port serial lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan port parallel. Kabel connector COM 1 memiliki 9 pin, sedangkan pada COM 2 memiliki 25 pin.
    Untuk penggunaan port serial sekarang ,ni sudah berkurang. Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire.Adapun untuk iaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port. ya,tu menghubungkan antara peripheral (alat) komputer lain dengan motherboard, penghubung antara mouse dengan motherboard, penghubung antara modem dengan motherboard, dan mentransm,sikan mformas1-1nformas1 berupa bit-bit dari mamboard ke perangkat lainnya.
  3. Port PS/2
    Port ini terdapat pada komponen CPU. Biasanya port ini d1gunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Terdapat 2 port ps/2 pada setiap komputer dengan warna berbeda. Warna untuk menghubungkan keyboard dan warna hijau untuk menghubungkan mouse.
  4. Port USB (Universal Serial Bus)
    USB merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekeria dengan transmisi data secara serial. Port ini b1asanya digunakan untuk menghubungkan flasdisk, mouse USB, keyboard USB, dan komponen lain yang menggunakan port USB sebagai connectornya Port USB menghasilkan kecepatan transfer data yang sangat luar biasa dan telah mencapai versi 3.0.
    Colokan USB 3.0 d1anggap menjadi salah satu fitur andalan, selain kecepatan pada prosesor dan spesifikas, kartu gratis yang super Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, USB 3.0 punya kecepatan yang signifikan dibanding pendahulunya. Jika USS 2.0 punya kecepatan transfer data hingga 480 Mbps, USB 3.0 bisa berkali-kali lipatnya: h1ngga 5 Gbps. Hal yang membuatnya cepat karena USB 3.0 memiliki lima konektor dengan standar signal data terbaru.
  5. Port VGA
    Port VGA tersusun atas tiga baris dan memiliki jumlah 15 pm betina (female connector) yang berguna untuk menghubungkan VGA card ke monitor.
    Standar VGA awalnya dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987 dan memungkinkan untuk resolusi layar 640x480 piksel. Sejak itu, banyak revisi dari standartelah diperkenalkan. Hal yang paling umum adalah Super VGA (SVGA), yang memungkinkan untuk resolusi yang lebih besar dari 640x480, 800x600, atau seperti 1024x768. Selain memiliki 15 pin, VGA ini juga berbentuk seperti sebuah trapesium. Jadi , VGA merupakan salah satu komponen yang ada pada kartu grafis
  6. Port Audio
    Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti speaker, microphone, headset, dan perangkat audio lainnya. Port ini umumnya terdiri atas tiga warna dan fungsi, yaitu warna biru untuk audio line in, warna hijau muda untuk audio line out, dan warna merah muda untuk mikrofon. Port audio ini memudahkan kita dalam mendengarkan lagu atau menonton film. Jika port audio ini tidak ada, kita tidak bisa mendengarkan suara-suara yang terdapat di PC kita. Biasanya untuk dapat terhubung dengan port audio , kita bisa menggunakan kabel sehingga perangkat bisa tersambung dengan komputer.
  7. Port FDD/IDE
    Port FDD/IDE terletak pada bagian dalam motherboard. Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat, seperti floppy disk, hardisk, dan CD-ROM. Konektor IOE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary masterdrive dan p1ranti secondary master. Sementara itu, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan piranti-piranti untuk slave, seperti CDROM dan harddisk slave
  8. Port LAN (Local Area Network)
    Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan komputer lainnya sehingga terjadilah komunikasi antar komputer.

4. Central Processing Unit (CPU)

Sejarah CPU dimulai pada tahun 1971, ketika sebuah perusahaan kecil tidak terkenal, Intel, untuk pertama kalinya menggabungkan beberapa transistor untuk membuat CPU ke dalam sebuah chip yang disebut intel 4004. lni merupakan delapan tahun sebelum PC pertama dibuat.
CPU merupakan sebuah pusat kontrol yang mengonversi data menjadi sebuah informasi. Fungsinya adalah melaksanakan program yang disimpan di dalam memori utama (main memori) dengan mengambil instruksi, memeriksa instruksi, dan melaksanakan instruksi demi instruksi.
CPU merupakan otak sistem komputer dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control UniO sebagai pengontrol kerja komputer. Di samping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. Register merupakan memori kecil laju tinggi yang digunakan untuk menyimpan hasil sementara dan mformasi kendali tertentu.
  1. CU (Control Unit)/Unit Kendali
    Tugas dari unit kendali ini adalah:
    • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
    • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
    • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
    • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
    • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  2. ALU (Arithmatic and Logic Unit)
    Tugas utama dari ALU adalah:
    • Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang teqadi sesuai dengan instruksi program.
    • Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
  3. Register
    Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Ada banyak register yang terdapat pada CPU dan masing-masing sesuai dengan fungsinya, yaitu:
    • Instruction Register (IA) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
    • Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama berisi instruksi yang sedang diproses.
    • General purpose register adalah register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
    • Memory Data Register (MOR) digunakan untuk menampung data atau instruksi basil pengiriman dari memori utama ke CPU.
    • Memory Address Register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.

Post a Comment for "Struktur dan Fungsi Komputer (Part 1)"